Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SOS 2 SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Siti, Mustika Wati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6896/1/3%20Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6896/2/11%20BAB%20V%20kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6896/3/12%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6896/4/%2814050091%29%20siti%20mustika%20wati%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6896/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelas XI SOS 2 SMA Negeri 1 lembah Gumanti Kabupaten Solok pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI SOS 2 SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Subjek penelitian adalah satu kelas yaitu XI SOS 2 yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes akhir hasil belajar matematika. Tes yang digunakan adalah bentuk uraian yang divalidasi oleh dosen pembimbing dan guru mata pelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = −10,49 dan ttabel = 1,70. Karena thitung < ttabel maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SOS 2 SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.