Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With a Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang

Main Author: Novi, Fitriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/689/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/689/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/689/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/689/4/13050043%20NOVIA%20FITRIYANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/689/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak yang rendah dan siswa malu bertanya serta mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Learning Starts With a Question lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabelitas tes r11 = 0,81. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data = 2,85 dan = 1,68, karena ≥ maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Learning Starts With a Question lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.