Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Disertai Tipe True or False Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Semen Padang
Main Author: | Ike, Widya Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6888/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6888/2/BAB%205.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6888/3/DAFTAR%20PUSTAKA_oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6888/4/14050044%29%20IKE%20WIDYA%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6888/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan siswa malu bertanya tentang materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) disertai tipe True or False lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) disertai tipe True or False di kelas XI Teknik Pemesinan SMK SEMEN PADANG. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan total sampling karena populasi terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI TM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai.Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t satu pihak. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Sehingga, diperoleh hasil uji hipotesis penelitian t_hitung= 1,88 dan t_tabel = 1,69 , karena t_hitung>t_(tabel )maka〖 H〗_(0 )ditolak. Dapat disimpulkan yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Questions disertai tipe True or False lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensial pada kelas XI Teknik Pemesinan SMK Semen Padang.