Perbaikan Percakapan yang Dilakukan oleh Mahasiswa di Kelas Interactional Conversation (Penelitian deskriptif di STKIP PGRI Sumatera Barat)

Main Author: Nofi, Devita Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/688/5/13040229%20NOFI%20DEVITA%20SARI%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/688/4/Abstract.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/688/3/Conclusion.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/688/6/References.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/688/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe perbaikan apa yang digunakan oleh mahasiswa bahasa Inggris selama menampilkan percakapan dalam kelas Interactional Conversation dan juga menganalisis makna perbaikan percakapan yang dilakukan berdasarkan konteks. Penelitian ini dilakukan pada kelas Interactional Conversation di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode observasi dan tehnik Simak Libat Bebas Cakap (SLBC) dengan alat yang digunakan adalah rekaman video. Selanjutnya, peneliti juga mengunakan tehnik Note Taking dalam melakukan pengamatan. Peneliti melihat dan menuliskan apa yang diucapkan oleh mahasiswa ketika melakukan percakapan di depan kelas. Tipe dari perbaikan yang digunakan ada tiga yakni self-initiatied self-repair (7data), other-initiatied self-repair(4data), dan other-initiation other-repair (2 data). Tipe ujaran perbaikan yang sering muncul dalam penelitian ini adalah self-initiated self-repair yaitu sebanyak 7 data.