Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana keterampilan presentasi siswa dalam mata kuliah TEFL (Teaching English as a Foreign Language). Dalam mengetahui keterampilan presentasi siswa terhadap mata kuliah tersebut terdapat lima indikator yaitu menganalisa audien, melakukan aksi, posisi presenter,keuntungan yang didapatkan, mengembangkan pendahuluan dan kesimpulan, bertenaga ketika menyampaikan presentasi, ketenangan berbicara di dalam presentasi. Analisa keterampilan presentasi siswa dilakukan untuk menemukan keterampilan presentasi siswa di dalam proses mata kuliah TEFL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah TEFL pada tahun akademik 2016/2017. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi ceklis dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan mahasiswa menggunakan non verbal skills hal ini dibuktikan dengan ditemukannya penggunaan gerakan tangan ketika presentasi, ekspresi wajah ketika menyampaikan presentasi, kontak mata antara presenter dan audien, melakukan gerakan pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya, penjedaan ketika menyampaikan presentasi, kejelasan suara dan kenormalan berbicara dalam menyampaikan presentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan presentasi yang ditampilkan oleh mahasiswa bahasa inggris di kelas TEFL (non verbal), meliputi ekspresi wajah, perpindahan, penjedaan, bahasa tubuh, kontak mata, kebutuhan, suara, kenormalan, candaan. Kata Kunci: Kelas Tefl, Keterampilan Presentasi, Keterampilan Presentasi Siswa