Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 6 (Model) Padang
Main Author: | Yesva, Mutiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6869/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6869/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6869/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6869/4/YESVA%20MUTIARA%2014050031%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6869/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajaran berkelompok belum terlaksana secara optimal. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap siswa kelas VIII MTsN 6 (Model) Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII.4 sampai kelas VIII.18 di MTsN 6 (Model). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,466 lebih besar dari ttabel = 1,991 pada α = 0,05. Dengan demikian, hipotesis penilitian diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap siswa kelas VIII MTsN 6 (Model) Padang.