Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pendalian IV Koto Provinsi Riau

Main Author: Riri, Paratika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6867/1/ABSTRAK..pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6867/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6867/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6867/4/14050025-RIRI%20PARATIKA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6867/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan sebagian siswa suka berjalan-jalan di dalam kelas saat mengerjakan latihan untuk melihat jawaban siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pendalian IV Koto Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pendalian IV Koto Provinsi Riau tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel secara acak yaitu lotting. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk esai yang berjumlah 5 soal. Analisis data tes hasil belajar yang digunakan adalah uji-t. Hasil diperoleh thitung = 3,358 dan ttabel = 2,68, sehingga thitung > ttabel. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing disertai strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pendalian IV Koto Provinsi Riau.