Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Anai
Main Author: | Pipit, Rapika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6865/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6865/2/BAB%20V%20NHT.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6865/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6865/4/14050024-%20PIPIT%20RAPIKA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6865/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang masih rendah, siswa kurang bekerjasama dalam diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Anai pada tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 1 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai dengan reliabilitas soal tes adalah r11= 0,70 dan rtabel=0,388 artinya r11 > rtabel dapat disimpulkan soal dikatakan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata α=0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 1,867 dan ttabel =1,671 artinya ttabel > thitung maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Batang Anai.