Students Extrovert and Introvert Personality and Their Writing Achievement (At English Departement of STKIP PGRI West Sumatera in Academic Year 2017/2018)

Main Author: Nurdiana, Nurdiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6845/2/14040046-NUR%20DIANA-THESIS.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6845/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6845/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6845/4/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6845/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kemampuan prestasi menulis mahasiswa yang berkepribadian extrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dimana partisipannya adalah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa inggris tahun akademik 2017/2018 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Teknik pengambilan data adalah dengan cara Random Sampling. Dalam mengumpul data, peneliti menggunakan 2 jenis penelitian, yaitu angket dan dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data dengan cara memberikan lembaran angket kepada mahasiswa khususnya di kelas 2017A, 2017B and 2017C yang berjumlah 83 mahasiswa untuk mengetahui siswa yang berkepribadian extrovert and introvert. Dari 83 mahasiswa tersebut peneliti memperoleh 43 extrovert dan 21 introvert, tetapi peneliti hanya mengambil nilai yang tertinggi pada siswa yang mengisi angket kepribadian extrovert dan introvert yang mana berkisar antara 14 sampai 19. Hasilnya Peneliti memperoleh 25 siswa yang extrovert dan 14 siswa yang introvert. Setelah mengetahui siswa yang berkepribadian extrovert and introvert, peneliti menghitung nilai kemampuan prestasi menulis siswa. Berdasarkan hasil dari angket dan nilai prestasi menulis siswa menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara siswa yang berkepribadian extrovert dan siswa yang berkepribadian introvert dalam prestasi menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir dari 0,889 hitung t lebih rendah dibandingkan dengan 1,68709 table t . Jadi dapat disimpulkan, pada penelitian ini, hipotesis null   0 H dapat diterima bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara siswa yang berkepribadian extrovert dan siswa yang berkepribadian introvert pada prestasi menulis mereka. Kata Kunci : Extrovert, Introvert, dan Prestasi Menulis