The Effectiveness of Multimedia Used by English Teachers in Teaching English A Study at SMA N 3 Padang Academic Year 2017/2018
Main Author: | Rima, Eka Putriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6841/2/14040044-RIMA%20EKA%20PUTRIANI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6841/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6841/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6841/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6841/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari multimedia dalam pengajaran bahasa inggris. Peneliti mempertanyakan sebuah masalah, keefektifan dari multimedia dalam mengajar bahasa inggris. Untuk melihat keefektifan penggunaan multimedia dalam pelajaran bahasa inggris berpedoman pada multimedia presentasi, video presentasi, dan animasi. Pedekatan ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari dua orang guru bahasa inggris dari SMA 3 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik questionnaire, interview, observation checklist, dan video recording. Setelah menganalisis data yang didapatkan dari penggunaan instrumen tersebut, peneliti menemukan bahwa kedua informan menggunakan multimedia berdasarkan indikator yaitu multimedia presentasi (slides), video presentasi (video singkat), animasi (gambar bergerak). Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang penggunaan multimedia oleh guru dalam pengajaran bahasa inggris di SMA N 3 Padang dinilai efektif. Kata kunci: Keefektifan, Multimedia, Pengajaran bahasa inggris