Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tipe-tipe visual lingkungan kelas dan juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik kelas tehadap proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, partisipan dari penelitian ini adalah siswa tingkat 1 di SMA N 2 Lengayang yang dipilih empat kelas dari tujuh kelas menggunkan simple randomsampling karena peneliti memilih empat kelas secarah acak untuk melihat kondisi lingkungan sosial dari setiap kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua teknik untuk mendapatkan data yaitu observation checklist dan wawancara. observationchecklist digunakan untuk mendapatkan data terkait tipe-tipe visual yang dipakai siswa di dalam kelas, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui pengauh dari lingkungan kelas dalam proses pembelajaran. Data menunjukan bahwa tipe visual lingkungan di setiap kelas berbeda-beda seperti tipe cahaya, warna , susunan kursi dan pajangan siswa di kelas. Ada kelas dengan visual yang bagus ada dan yang tidak bagus.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan fisik mempengaruhi siswa dalam proses pembelajaran karna lingkungan kelas yang tidak nyaman dan tidak bagus memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran. Kata Kunci : Lingkungan kelas, Lingkungan fisik Pengaruh.