Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu proses pembelajaran hanya didominasi oleh kelompok yang memiliki kemampuan tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model discovery learning disertai strategi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Batanghari. Desain penelitian adalah penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Batanghari. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, yang dipilih sebagai kelas sampel adalah kelas VII B. Instrumen penelitian ini adalah pre-test dan post-test bentuk essai. Teknik analisis data pre-test dan post-test yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 10,51 dan ttabel = 1,71 atau thitung > ttabel , maka hipotesis diterima yaitu rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan model discovery learning disertai strategi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model discovery learning disertai strategi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang pada kelas VII SMP Negeri 9 Batanghari.