Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan bahasa pertama atau bahasa ibu (dimana dalam konteks penelitian ini menggunakan bahasa Minangkabau)) oleh guru bahasa Inggris dalam Pengajaran bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah sebanyak 12 orang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pendapat siswa terhadap penggunaan bahasa ibu (dalam konteks penelitian ini adalah bahasa Minangkabau) yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris. Peneliti melakukan interview dalam pengumpulan data dan peneliti menggunakan tematik analisis dalam menganalisa data. Dari analisis data, peneliti menemukan dua tema terkait persepsi siswa terhadap penggunaan bahasa Minangkabau oleh guru bahasa Inggris mereka dalam pengajaran bahasa Inggris. Tema tersebut adalah 1) penggunaan bahasa Minangkabau bermanfaat dalam pengajaran bahasa Inggris dan 2) penggunaan bahasa Minangkabau tidak bermanfaat dalam pengajaran bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada negatif dan positif pendapat oleh siswa. Bagi siswa, penggunaan bahasa Minang bermanfaat jika digunakan untuk mengecek pemahaman siswa, pengelolaan kelas, mendefenisikan kosakata atau tatabahasa. Tidak bermanfaat jika bahasa pertama digunakan atau diucapkan dalam bahasa yang kasar, jika ada siswa yang berasal dari berbeda kota, dan terlalu banyak menggunakan bahasa Minangkabau bisa mengurangi penggunaan bahasa Inggris. Kata Kunci : Bahasa Pertama , Bahasa Minang, Persepsi Siswa