Students’ Perception on Teacher’s Bilingual Language Use in Teaching English at SMAN 3 Padang
Main Author: | Dika, Endila Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6826/4/14040033%20DIKA%20ENDILA%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6826/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6826/2/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6826/3/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6826/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap guru yang menggunakan dua bahasa dalam pengajaran bahasa inggris di kelas di SMAN 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh (X) di SMAN 3 Padang dan pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua instrumen, yaitu: questionnaire dan interview. Pada penelitian ini indikator yang digunakan adalah: pertama, penggunaan bahasa pertama lebih menguntungkan (The use of first language may be profitably employed,100% siswa setuju dengan pernyataan yang ada pada indicator). Kedua, dengan menggunakan pencampuran bahasa sebagai strategi, The use of code-switching as pragmatic strategy, 97% siswa setuju dengan pernyataan yang ada pada indikator). Ketiga,menggunakan bahasa pertama sebagai cara penyampaian terhadap bahasa kedua, (Use of the first language as cognitive bridge to the second language 86% siswa setuju dengan pernyataan yang ada pada indikator). Keempat, penggunaan bahasa pertama memberikan manfaat, (Use of the first language as most beneficial, 94% siswa setuju dengan pernyataan yang ada pada indikator). Sementara itu berdasarkan interview, terkait dengan indikator, interview menggali sesuatu yang tidak terlihat di questionnaire. Masing-masing dari pertanyaan tersebut saling berhubungan dengan apa yang ada pada questionnaire. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, guru yang menggunakan dua bahasa dalam pengajaran dikelas memberikan rmanfaat bagi guru dan siswa