The Correlation between Students’ Emotional Intelligence and Their Speaking Ability
Main Author: | Reni, Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6825/4/14040025%20RENI%20MARLINA%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6825/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6825/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6825/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6825/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak hubungan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan berbicara. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA N 4 Pariaman yang berjumlah 261 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 27 orang (1 kelas) yaitu kelas XII IPA 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes berbicara yang kemudian dianalisis menggunakan rumus Product Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi kecerdasan emosi dan kemampuan berbicara siswa adalah rxy = 0,54 dengan tingkat hubungan sedang. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan rhitung dan rtabel dengan df = 25 taraf signifikansi 5% adalah 0,396 (0,54 > 0,396). Selanjutnya, nilai hubungan dari thitung = 3,811 dengan level signifikan (α) 0,05 yang dibandingkan dengan ttabel 1,708 dengan level signifikan (α) 0,05 dan df = n-2. Ini berarti rhitung lebih besar dari rtabel dan thitung lebih besar dari ttabel. Maka H1 pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosi dan kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Kemampuan Berbicara