Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM dan siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IX SMPN 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Sungai Rumbai yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas IX.C sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essai dengan reliabilitas (r_11) sebesar 0,77. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,283 dan ttabel = 1,671, karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IX SMPN 1 Sungai Rumbai.