Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berani bertanya, siswa kurang berani tampil di depan kelas serta hasil belajar matematika siswa yang masih banyak di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIc sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data yang diperoleh adalah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,97 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel pada selang kepercayaan 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Gunung Talang.