Kemampuan Menulis Resensi Buku Pengetahuan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Maika, Safira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6794/1/11080147%20MAIKA%20SAFIRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6794/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6794/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6794/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6794/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan menulis resensi siswa belum maksimal penyebabnya yaitu sebagai berikut. Buku yang akan diresensi kurang menarik dan terlalu tebal. Siswa belum mampu untuk menentukan apa saja yang akan diresensi dari buku tersebut. Kurangnya motivasi kepada siswa diawal pembelajaran. Guru cenderung berceramah dalam memberikan teori tentang resensi. Teknik yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, karena biasanya siswa menulis resensi secara berkelompok tidak secara individu sehingga ada siswa yang bisa menulis resensi dan ada yang tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis resensi buku pengetahuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 163 orang siswa yang tersebar dalam lima kelas yang terdaftar tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang diambil secara acak (proportional random sampling,) yaitu sebanyak 25 orang. Data penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis resensi buku pengetahuan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hasil kemampuan menulis resensi buku pengetahuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebagai berikut. Secara keseluruhan kemampuan menulis resensi buku pengetahuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan tergolong Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,89 berada pada rentangan 76-85%. Pertama, kemampuan menulis siswa untuk indikator (latar belakang) tergolong Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 90,66 berada pada rentangan 86-95%. Kedua, kemampuan menulis siswa untuk indikator (macam atau jenis buku) tergolong Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,00 berada pada rentangan 76−85%. Ketiga, kemampuan menulis siswa untuk indikator (keunggulan buku) tergolong Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,00 berada pada rentangan 76-85%.