“An analysis of Techniques of Behavior Modification Approach used by English Teachers’ in Teaching Learning Process at SMPN 1 Sasak”

Main Author: Susi, Susanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6792/3/11040473%20SUSI%20SUSANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6792/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6792/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6792/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6792/
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar tidak terlepas dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru. Suksesnya guru dalam prosess belajar tergantung pada bagaimana cara guru menguasai kelas dengan baik dan mampu mengubah tingkah laku siswa kearah yang lebih baik saat belajar dalam kelas. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, guru harus memiliki penguasaan kelas dengan baik dan memiliki pendekatan yang baik dengan siswa sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Ada empat bentuk teknik pendekatan pengubahan tingkah laku yang dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris ketika melakukan proses belajar mengajar dalam kelas yaitu; teknik penguatan positif, penguatan negatif, penghapusan dan hukuman. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu teknik mana yang paling sering di gunakan guru Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMPN 1 Sasak yang berjumlah 3 orang guru Bahasa Inggris. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan total samplingteknik. Penelitian ini menggunakan obervasi dan wawancara. Data dianalisis dan diolah secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa semua guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Sasak telah menggunakan teknik pendekatan pengubahan tingkah laku dalam proses belajar mengajar walaupun disetiap mengajar tidak menggunakan semua teknik tersebut. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa teknik pendekatan pengubahan tingkah laku yang paling sering digunakan guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Sasak adalah teknik penguatan positif.