Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujan untuk membandingkan language learning strategy (direct and indirect) siswa dan hasil belajar speaking siswa kelas sembilan di SMPN 1 Sungai Limau tahun ajaran 2017/2018.. Penelitian ini merupakan penelitian kasual-komparative. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas sembilan. Sampel pada penelitian ini yaitu 50% siswa dari masing-maing strategy dipilih menggunakan stratified random sampling teknik. Peneliti membagikan angket Strategy Inventory for Language Learning Version 7.0 (SILL) dan melakukan speaking test yang berbentuk percakapan. Dari perhitungan angket diperoleh 32 siswa menggunakan direct strategi dan 99 siswa menggunakan indirect strategi. Hasil penggolahan data diperoleh rata-rata dari setiap strategy adalah M1=68.25, dan M2=66.565, standar deviasiasi direct strategi adalah SD1=10.75 dan indirect strategi adalah SD2= 10.045. Dengan derajat bebasan yaitu df=60. Taraf signifkan 5% adalah 2.00 dan ttes dari data ini yaitu 0.653. Dari nilai-nilai di atas terlihat bahwa ttes <ttabel, sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara language learning strategy yang digunakan siswa dan hasil belajar speaking siswa.