Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Firing Line Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 23 Sijunjung
Main Author: | Yelmi, Yuspita Rasi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6784/1/5.%20Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6784/2/6.%20Bab%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6784/3/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6784/4/13050103%20YELMI%20YUSPITA%20RASI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6784/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 23 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 23 Sijunjung. Pemilihan kelas sampel dilakukan secara acak, sehingga terpilih kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa essai dengan reliabilitas tes 0,882. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis diperoleh thitung= 3,640 dan ttabel = 2,002. Karena ttabel < thitung maka hipotesis diterima, ini berarti bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe firing line lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 23 Sijunjung.