Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Nova, Dwi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6781/1/5.%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6781/2/6.%20BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6781/3/7.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6781/4/1.%20Skripsi%20NOVA%20DWI%20PUTRI.%20SY.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6781/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM, siswa tidak berani untuk bertanya dan mengeluarkan gagasan yang mereka miliki secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer (GQGA) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitiam random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,85 dan ttabel = 1,67, maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer (GQGA) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris.