Students‟ Mistakes In Using If Conditional In Sentences At The Second Semester of STKIP PGRI West Sumatera In Academic Years 2017 / 2018
Main Author: | Silvia, Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6770/4/SILVIA%20YUSUF%20-%2013040048%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6770/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6770/2/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6770/3/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6770/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tipe-tipe kesalahan untuk menemukan frekuensi masing-masing jenis kesalahan dan juga untuk mengetahui penggunaan jenis dari conditional sentence yang paling sulit oleh siswa Semester Kedua STKIP PGRI Sumatera Barat 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana sampelnya merupakan siswa semester kedua tahun akademik 2017/2018, jumlah siswa tersebut yaitu berjumlah 56 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan stratified disproportional sampling untuk menentukan sampel. Instrumentasi dari penelitian ini adalah berupa tes dengan jenis pilihan ganda dan fill in the blank test. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat diketahui bahwa siswa melakukan empat jenis kesalahan yaitu, omission, addition, misformation, dan misordering. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dari hasil beberapa tes yang peneliti terapkan kepada siswa semester kedua STKIP PGRI Sumatera Barat, yaitu dari keempat jenis kesalahan tersebut sebagian besar kesalahan yang ditemukan terletak pada misformation dengan hasil persentase 34%. Selain itu, 26% terjadi kesalahan dari tipe omission, 24% kesalahan adalah addition dan kemudian misordering hanya 16%. Selain itu juga terdapat kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam penggunaan kalimat conditional sentence yang mana terdapat tiga tipe yaitu conditional typeI, conditional typeII, dan conditional type III. Berdasarkan hasil dari tes tersebut ditemukan rata-rata paling banyak siswa mengalami kesulitan dalam penggunaan conditional sentence type I yaitu 37,05. Lebih lanjut, diketahui bahwa siswa juga mengalami kesalahan dalam penggunaan conditional type II dengan hasil rata-rata 32,95 dan yang terendah yaitu 30,12 dalam penggunaan conditional type III. Kata kunci: Kesalahan Siswa dan Conditional sentence