Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis umpan balik yang digunakan guru bahasa Inggris dalam tulisan siswa di kelas XI IPA dan XI IPS pada SMA N 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah descriptive. Dalam menentukan peserta, peneliti menggunakan teknik total sampling. Ada 2 orang guru bahasa Inggris di SMA N 15 Padang yang mengajar di kelas XI IPA dan XI IPS. Oleh karena itu, peneliti menetapkan semua guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas XI dan guru yang mengunakan umpan balik tersebut untuk dijadikan peserta dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi untuk menemukan bagaimana penggunaan umpan balik dan meneliti empat kelas dari masing-masing dua kelas yang diajari oleh guru A dan guru B di dalam kelas XI IPA dan XI IPS. Dua kelas dengan guru A dan 2 kelas dengan guru B. Dua kelas dengan guru A yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Selanjutnya, dua kelas dengan guru B yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 2. Hasil dari penelitian ini adalah di temukan bahwa guru bahasa Inggris di dalam kelas XI di SMA N 15 Padang telah menggunakan umpan balik dan menerapkan beberapa jenis-jenis umpan balik dengan baik. Berdasarkan data-data yang telah diperoleh oleh peneliti, guru telah mengunakan jenis-jenis umpan balik diantaranya, umpan balik tertulis guru, umpan balik teman sebaya dan umpan balik secara diskusi antara guru dan siswa. Itu sudah berjalan dengan baik. Sehingga, dapat dideskripsikan bahwa guru bahasa Inggris telah menggunakan dan menyesuaikanya dengan materi menulis yang akan diajarkan. Guru juga mampu membuat siswa untuk lebih aktif dalam proses pengajaran, khususnya dalam proses menulis itu sendiri dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks bahasa Inggris serta mudah menggungkapkan ide-ide.