Hubungan Antara Hasil Test IQ (Intelligence Quotient) dan Hasil Belajar Siswa di SMK N 9 Padang pada siswa kelas sepuluh tahun ajaran 2016/2017
Main Author: | Rahmawati, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/676/1/13040215%20RAHMAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/676/2/Abstract.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/676/3/Conclusion.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/676/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/676/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena Intelligence Quotient (IQ) yang dapat mempengaruhi prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) dengan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas X di SMK N 9 Padang. Apakah ada hubungan antara IQ dan hasil belajar siswa khususnya dalam pelajaran bahasa inggris. Dalam studi ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi Produk Momen. Korelasi produk momen adalah salah satu tehnik yang biasa di pakai untuk mencari hubungan antar dua variabel. Dalam penelitian ini yaitu IQ sebagai (independent variable) atau variabel X dan hasil belajar bahasa inggris siswa sebagai (dependent varible) atau variable Y. Untuk skor IQ peneliti mengambil data dari sekolah yang bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan dan Pelatihan Bina Pribadi Mandiri. Dan untuk memperoleh data nilai bahasa inggris siswa peneliti mendapatkannya dari guru bahasa inggris yang berdasarkan dari nilai semester 2. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PH 5 yang terdiri dari 31 siswa yang dipilih dengam menggunakan teknik cluster random sampling. Dari perhitungan yang menggunakan tehnik Pearson Product Moment, diperoleh “r” product moment (rxy) 0,48. Dimana dalam tabel interval koefisien korelasi termasuk kedalam hubungan yang cukup kuat. Dengan derajat bebas (df) 29. Taraf signifikan 5% adalah 0,367. Dari nilai-nilai di atas terlihat bahwa nilai rhitung yang diperoleh 0,48 > rtabel 0,367, sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif antara IQ dengan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas satu SMK N 9 Padang.