CODE SWITCHING USED BY ENGLISH TEACHER IN TEACHING LEARNING PROCESS AT SMA PGRI 2 PADANG
Main Author: | Diah, Rahma Lisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6757/2/11040378%20DIAH%20RAHMALISA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6757/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6757/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6757/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang alih kode (code switching) yang dialakukan oleh guru bahasa inggris di SMA PGRI 2 Padang. Tujuan dari analisis ini adalah mengetahui tipe dan bentuk dari alih kode (code switching) dalam ujaran guru bahasa Inggris, yang dianalisis menurut Poplack (1995) dan Suwito (2007). Metode yang digunakan adalah metode simak. Hasil penelitian ditemukan 75 data, penelitian ini hanya fokus 40 data alih kode ( code switching) terdiri dari tag switching, intersentential, intrasentential dan bentuk dari alih kode terdiri dari alih kode (code switching) internal, alih kode (code switching) external. Sumber dari data ini adala dua dari tiga orang guru yang mengajar bahasa Inggris di SMA PGRI 2 Padang. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan video dan fieldnote. Kedua instrument tersebut digunakan untuk melihat bagaimana guru menggunakan tipe-tipe dan bentuk alih kode dalam mengajar bahasa inggris selama proses belajar mengajar di SMA PGRI 2 Padang. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa guru bahasa inggris di SMA PGRI2 Padang menggunakan alih kode selama proses belajar mengajar dari tiga buah tipe tersebut yaitu tag switching, intersentential, intrasentential dan dua bentuk alih kode yaitu internal dan external.