PSYCHOLOGICAL FACTORS OF STUDENTS’ RELUCTANCE TO SPEAK IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION AT SMA ADABIAH 2 PADANG
Main Author: | Sri, Marwinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6755/2/11040374%20SRI%20MARWINDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6755/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6755/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6755/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6755/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologi yang menyebabkan siswa enggan berbicara bahasa Inggris dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive quantittive dimana populasinya adalah siswa kelas dua yaitu kelas XI MIA dan XI IPS. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 148 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan jumlah pertanyaan 18 butir. Berdasarkan data yang didapatkan dari angket peneliti dapat menyimpulkan bahwa yang menjadi faktor psikologi penyebab keengganan siswa berbicara bahasa Inggris adalah anxiety, shyness, fear of making mistake, lack of confidence and lack of motivation. Dari analisa data ditemukan persen tertinggi adalah anxiety dengan 35.1% pada butir pertanyaan nomor 1 pada angket. Untuk persenan kedua tertinngi adalah shyness dimana 34.4% pada butir pertanyaan nomor 12 pada angket. Pada urutan ketiga adalah lack of confidence yaitu 33.7% pada butir pertanyaan nomor 9. Sementara itu fear of making mistake berjumlah 19.5% dengan butir pertanyaan nomor 15 dan diurutan terakhir adalah lack of motivation dengan 14.7% pada butir pertanyaan nomor 17.