“An Analysis of Process Tasks Given by English Teachers In Learning Process at SMA N 2 Sijunjung West Sumatera”
Main Author: | Syinta, Dewi Syaputri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6744/3/11040302%20SYINTA%20DEWI%20SYAPUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6744/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6744/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6744/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6744/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat proses pemberian tugas selama proses belajar mengajar yang dilakukan oleh bahasa Inggris. Tugas merupakan salah satu cara guru untuk mengetahui ketercapaian sebuah pembelajaran dan memfasilitasi siswa untuk berlatih belajar mandiri. Sehingga, guru perlu menyiapkan dan merencanakan proses pemberian tugas dengan baik sesuai kebutuhan guru dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut. Dengan demikian, data pada penelitian ini didapat dengan pengamatan terhadap proses pemberian tugas yang dilakukan oleh guru-guru bahasa inggris. Hasil analisis data pengamatan tersebut ditemukan bahwa, ada tiga orang guru bahasa inggris yang mengajar di SMAN 2 Sijunjung pada tahun ajaran 2015/2016 mengikuti serangkaian proses pemberian tugas dengan pertimbangan tujuan pemberian tugas dan kemampuan siswa menyelesaikan tugas. Partisipan penelitian ini difokuskan pada ketiga guru ini yang hanya mengajar pada sembilan kelas dengan program MIPA dan IPS. Penulis melakukan pengamatan pada setiap kelas yang diajarkan partisipan dan kemudian mewawancarai partisipan mengenai langkah-langkah pemberian tugas yang diberikan masing-masing guru berdasarkan indikator yang telah dinyatakan oleh ahli. Data pengamatan dan wawancara menunjukan bahwa, partisipan melaksanakan beberapa langkah-langkah pemberian tugas dengan konsisten, kemudian menghindari beberapa langkah-langkah tersebut dengan pertimbangan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut. Dengan demikian, proses pemberian tugas ini telah membantu partisipan mengetahui ketercapaian belajar siswa dan menyediakan latihan belajar mandiri pada siswa SMAN 2 Sijunjung tahun pelajaran 2015/2016.