Student's Speaking Anxiety Factors (A Study at the Second Year Students of Tourism Class at SMK N 1 Padang Panjang in Academic Year 2015/2016)

Main Author: Mia, Purnama Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6723/4/11040252%20MIA%20PURNAMA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6723/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6723/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6723/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6723/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Partisipanya adalah siswa kelas tiga jurusan Pariwisata di SMK N 1 Padang Panjang. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 23 siswa yang diambil menggunakan teknik total sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi checklist and interview, dimana siswa tampil guiding di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris. Setelah itu peneliti melakukan interview dengan menggunakan bahasa Indonesia agar tidak terjadi kesalah pahaman. Setelah selesai mengumpulkan data dari observasi dan interview, peneliti mendeskripsikan data tersebut berdasarkan indikator. Peneliti dapat menyimpulkan tiga faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan kelas. Pertama adalah Communication Apprehension, siswa takut untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka kurang memahami apa yang mereka katakan dan mereka tidak bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Kedua Test Anxiety, siswa merasa cemas karena mereka tidak terbiasa berbicara di depan kelas. Terakhir Fear of Negative Evaluation, kegelisahan siswa dan ketegangan tentang evaluasi karena mereka takut dengan evaluasi yang negative dari orang lain.