Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lunang Kabupaten Pesisir
Main Author: | Yuli, Gestiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6705/4/YULI%20GESTIANI%20%2814020071%29SKRIPSI-dikonversi%281%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6705/1/ABSTRAK%20geget.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6705/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6705/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6705/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, Penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran sejarah dilihat dalam 5 RPP , Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter, Kendala-kendala guru dalam penanaman nilai karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai yang disiapkan oleh guru pada mata pelajaran sejarah, bagaimana strategi guru dalam penanaman nilai-nilai karakter, apa saja kendala guru dalam penanaman nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan nilai-nilai karakter, menganalisis strategi guru dalam penanaman nilai-nilai karakter, dan membahas kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data Observasi dilakukan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, Wawancara dilakukan dengan mencari informasi secara lengkap dan mendalam mengenai kegiatan dalam pembelajaran, Studi dokumentasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran) di temukan 5 Nilai-nilai karaker 1.Religius, 2.Disiplin, 3.Jujur 4.Peduli 5.Bertanggung jawab. Sedangkan dalam strategi penanaman guru menggunakan pendektan saintifik dengan metode ceramah, dan kendala-kendala guru dalam penanaman nilai-nilai karakter tidak ditemukan metode yang tepat dalam mengajar