Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, ketidak sesuaian materi kurikulum Prodi Pendidikan Sejarah di STKIP PGRI Sumatera Barat dengan menggunakan bahan paduan RPS STKIP dan silabus SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi-materi silabus Prodi Pendidikan Sejarah dan SMA, dan membahas permasalahan materi tersebut. Metode penelitian yang kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka yaitu RPS mata kuliah STKIP PGRI Sumatera Barat dengan silabus mata pelajaran Sejarah SMA. Sedangkan Wawancara dilakukan kepada pemimpin Prodi Pendidikan Sejarah dengan mencari informasi yang diperoleh dari informan, buku, dan kertas kerja, Studi dokumentasi dan kemudian pencatatan data. Hasil penelitian ternyata masih terdapat materi-materi yang ada pada silabus Sejarah Peminatan di SMA pada kelas X belum tersedia pada RPS mata kuliah Prodi Pendidikan Sejarah yaitu Pada kelas X materi yang belum ada adalah Manusia purba Asia, Manusia purba Afrika, Manusia purba Eropa. Pada kelas XI sesuai dengan silabus SMA dan pada kelas XII sesuai dengan silabus SMA. Kesimpulan tersebut diduga ketika membuat RPS mata kuliah dosen belum berorentasi kepada silabus materi mata pelajaran SMA, kemudian belum ada perubahan kurikulum pada STKIP PGRI Sumatera Barat yang berorentasi kepada perubahan kurikulum SMA K-13