Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, dan siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa tanpa menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VII MTsN 2 Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan r11=1,0301. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Hasil uji hipotesis yang diperoleh pada α = 0,05 yaitu thitung =2,20 dan ttabel=1,68. Karena thitung > ttabel atau 2,20 > 1,68, maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi disimpulkan bahwa Pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa tanpa menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VII MTsN 2 Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai.