Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dihadapi siswa dalam memahamai materi pelajaran sejarah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kah problematika siswa dalam memahami materi Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS Di SMA N 5 Padang Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika siswa dalam memahami materi Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS Di SMA N 5 Padang Kota Padang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak 6 orang, 1 orang guru dan 5 orang siswa, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa masalah siswa dalam memahami materi pelajaran yaitu masalah kesiapan belajar dan keaktifan siswa dalam belajar serta perhatian. Kesiapan belajar siswa sangat tidak baik, karena siswa banyak yang tidak memperipakan dirinya dalam menerima pelajaran, seperti tidak membawa buku, tidak sarapan sehingga hal ini menggangu siswa dalam memahami materi pelajaran. Selain dari kesiapan siswa masalah lain yang dihadapi oleh siswa yaitu perhatian. Siswa banyak yang tidak fokus dalam belajar, siswa juga tidak memperhatikan guru dalam belajar, sehingga disaat guru memberikan latihan atau tugas siswa menjadi bingung. Selain itu siswa juga banyak yang sibuk dengan kegiatanya sendiri dari pada meperhatikan guru dalam belajar.Dan masalah terakhir yang dialami oleh siswa yaitu keaktifan, kurangnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung sehingga hal ini membuat siswa banyak yang tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka masalah yang dihadapi siswa dalam memahami materi pelajaran sejarah yaitu masalah kesiapan belajar, keaktifan dan perhatian.