Gambaran Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yandri, Hasos Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6669/4/YANDRI%20HASOS%20-%2013020068%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6669/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6669/2/BAB%20V%20PENURUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6669/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6669/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang keluar tanpa permisi pada saat guru meninggalkan kelas ke kantor, ke toilet atau ke kafe. Atas dasar masalah di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran perilaku belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran perilaku belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan studi evaluatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Informan penelitian adalah 1 orang guru Sejarah yang mengajar di kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Lengayang. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebiasaan belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yaitu pengerjaan tugas tepat waktu dan memperhatikan guru menerangkan materi pelajaran. Namun kebiasaan yang kurang baik terlihat dari beberapa siswa yang masih menunda mengerjakan tugas yang diberikan guru, 2) Keterampilan belajar siswa umumnya kurang baik, terlihat dari kemampuan siswa yang rendah dalam belajar isyarat, menjawab rangsangan, mengikat materi, merangkai materi secara lisan menggunakan bahasa sendiri, kurang menguasai konsep dan memecahkan masalah dan 3) Sikap belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah termasuk baik, karena sebagian siswa siswa gembira dan senang mengikuti mata pelajaran Sejarah. perasaan senang ini terlihat jika guru memberikan materi diserta dengan media, jadi siswa merasa terlibat dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa perilaku belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan masih ada yang belum sesuai dengan perilaku belajar yang baik.