Persepsi Siswa terhadap Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Defri, Zakaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6668/4/%2813020067%29%20DEFRI%20ZAKARIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6668/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6668/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6668/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6668/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa siswa belum menganggap nilai-nilai karakter yang ada dalam materi pelajaran IPS sehingga banyak siswa yang melakukan pelanggaran. Atas dasar masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap nilai karakter pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP N 5 Koto XI Tarusan? Tujuan penelitian adalah menggambarkan persepsi siswa terhadap nilai karakter pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP N 5 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP N 5 Koto XI Tarusan pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran IPS yang mengajar di kelas VIII SMPN 5 Koto XI Tarusan dan siswa kelas VIII SMPN 5 Koto XI Tarusan sebanyak 9 orang. Analisis menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang nilai karakter Cinta Tuhan dan segenap Ciptaan-Nya pada mata pelajaran IPS Terpadu umumnya baik, karena siswa bedo‟a sebelum memulai pelajaran, pelaksanaan shalat berjamaah di sekolah dan memelihara tanaman yang ada di sekolah sebagai wujud menyayangi sesama makhluk ciptaan-Nya. (2) Persepsi siswa tentang nilai karakter tanggungjawab, disiplin dan mandiri umumnya cukup baik, karena adanya nilai karakter tanggungjawab, disiplin dan mandiri dalam proses pembelajaran IPS. (3) Persepsi siswa tentang nilai karakter jujur, amanah dan arif sudah baik, karena jujur dalam mengerjakan tugas dan tidak mencontoh tugas teman adalah hal yang baik. (4) Persepsi siswa tentang nilai karakter hormat dan santun sudah baik, karena telah dilakukan di lingkungan sekolah. (5) Persepsi siswa tentang nilai karakter dermawan, suka menolong dan gotong royong cukup baik, karena gotong royong merupakan budaya Indonesia. (6) Persepsi siswa tentang nilai karakter percaya diri, kreatif dan pekerja keras pada mata pelajaran IPS Terpadu cukup baik, karena banyak siswa yang kreatif dalam proses pembelajaran. (7) Persepsi siswa tentang nilai karakter kepemimpinan dan adil sudah baik, karena siswa merasakan adanya kesempatan untuk menjadi pemimpin melalui kegiatan diskusi di kelas. (8) Persepsi siswa tentang nilai karakter baik dan rendah hati sudah baik, terlihat dalam proses pembelajaran guru bersikap baik dan rendah hati menjawab pertanyaan siswa dan (9) Persepsi siswa tentang nilai karakter toleran, cinta damai dan kesatuan umumnya cukup baik, yaitu adanya arahan untuk saling bertoleransi antar siswa