Analisa Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Pasif di Jurusan Bahasa Inggris Tahun Ajaran 2013/2014 STKIP PGRI Sumatera
| Main Author: | Arma, Rasyid |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | ind |
| Terbitan: |
, 2016
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6653/4/11040101%20ARMA%20RASYID.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6653/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6653/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6653/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6653/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang bermasalah dalam memahami kalimat pasif. Hal ini disebabkan oleh penguasaan grammar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa dalam memahami kalimat. Penelitian ini adalah penelitian descriptive quantitative research. Populasi dari penelitian ini adalah semua mahasiswa Bahasa Inggris tahun ajaran 2013/2014 STKIP PGRI Padang . Sedangkan yang menjadi sample adalah 32 orang mahasiswa yang dihitung menggunakan formula dan diambil menggunakan random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan test kepada mahasiswa, yaitu grammar test. Grammatical test berbentuk pilihan ganda dan isian. Tes ini terdiri dari 40 soal. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa bagaimana kemampuan mahasiswa bahasa Inggris dalam memahami sembilan bentuk-bentuk kalimat pasif di gunakan sebagai materi tes di kalimat pasif. Ada sembilan jenis pasif yang digunakan, masing – masing bentuk pasif mempunyai empat sampai lima pertanyaan. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti menemukan bahwa 26 siswa mampu menjawab pertanyaan nomor 28 dalam jenis kalimat pasif modals auxiliaries dengan persentasi pertanyaan termudah 81%. Sedangkan untuk pertanyaan tersulit dengan persentasi 13%, peneliti menemukan hanya 4 siswa mampu menjawab pertanyaan nomor 8 di bagian B dalam jenis kalimat pasif future tense.
