Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai
Main Author: | Sary, Agustin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/665/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/665/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/665/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/665/4/13050035%20SARY%20AGUSTIN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/665/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM, siswa malas mengerjakan latihan yang diberikan sehingga terbiasa untuk menunggu jawaban dari teman yang lain, dan sebagian besar siswa kurang bertanggung jawab terhadap soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak, yang terpilih pertama yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan yang terpilih kedua yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan berbentuk essai yang berjumlah 5 soal dengan reliabilitas 0,74021. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,773 dan ttabel = 1,674, sehinga thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai.