Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah serta siswa suka mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan latihan di kelas VIII SMPN 9 Padang. Salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan teknik Dreadlines. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Dreadlines lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Padang, tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar dalam betuk esai. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,120 lebih besar dari ttabel = 1,674. Dengan demikian hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Dreadlines lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 9 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018.