Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question disertai kuis terhadap Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Padang

Main Author: Yolla, Oktavia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6607/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6607/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6607/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6607/4/11050265%20YOLLA%20OKTAVIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6607/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi awal di SMP PGRI 1 Padang di ketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih rendah di kelas VII SMP PGRI 1 Padang. Hal ini disebabkan oleh siswa hanya menerima pelajaran secara langsung dari guru dan siswa kurang berani untuk bertanya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question disertai kuis lebih baik dari pada pembelajaran konensional siswa kelas VII SMP PGRI 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahan konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan bantuan software MINITAB, diperoleh P-value sebesar 0,009 lebih kecil dari α yaitu 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.