Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang
Main Author: | Hidayatul, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6605/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6605/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6605/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6605/4/10050310%20-%20HIDAYATUL%20RIZKI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6605/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak serius saat belajar, minat siswa untuk bertanya masih rendah dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2015-2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0.63. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,95 dan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question (LSQ) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun ajaran 2015-2016, dengan tingkat kepercayaan 95%.