Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko Kabupaten Mukomuko
Main Author: | Dwi, Ningsih Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6603/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6603/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6603/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6603/4/10050303%20-%20DWI%20NINGSIH%20HANDAYANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6603/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan siswa belum terbiasa bertukar pendapat dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko Tahun Pelajaran 2015/2016.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas 0,69. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,69 dan thitung = 1,74. Hipotesis diterima karena thitung > ttabel, sehingga hipotesis yang diajukan diterima dengan taraf nyata α = 0.05. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas XI IPA SMAN 03 Mukomuko.