Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. diperoleh thitung = 1,709 dan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 17 Padang.