Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas X IPS SMAN 1 Singkarak yang masih rendah, siswa tidak berani bertanya kepada guru dan menyampaikan pendapat di depan kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Student Have (QSH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Student Have (QSH) lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas X IPS SMAN 1 Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Singkarak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah X IPS1 sebagai kelas kontrol dan X IPS2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang reliabel dengan reliabilitas = 0,696. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak., diperoleh thitung = 3,36 dan ttabel = 1,68, Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Student Have (QSH) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas X IPS SMAN 1 Singkarak.