Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa kurang mau mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe college ball lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Padang, yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 0.84 dan rtabel = 0.374 . Berarti soal tes dinyatakan reliable karena r11 > rtabel . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai P-value = 0,022 maka hipotesis penelitian diterima karena P-value < 0,05. P-value diperoleh lebih rendah dari yang α yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe college ball lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 14 Padang.