Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya penggunaan bahan ajar berupa LKS di MTsN Lembah Gumanti yang menarik perhatian siswa untuk belajar, memfasilitasi siswa dalam memecahkan masalah serta meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Brain Based Learning pada materi Operasi Aljabar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase dan assessment phase. Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan dua tahap yaitu preliminary research dan prototyping phase. Tahap pertama, wawancara guru dan siswa, analisis silabus, analisis bahan ajar yang digunakan, analisis karakteristik siswa. Tahap kedua, merancang sistematika dan struktur LKS, pengembangan prototipe, evaluasi diri, tinjauan ahli, evaluasi satu-satu dan kelompok kecil. Setelah LKS dirancang dilakukan evaluasi diri. Tahap tinjauan ahli dilakukan validasi LKS oleh dua orang validator yaitu dua orang dosen matematika. Uji praktikalitas dilakukan pada tahap evaluasi satu-satu dengan satu orang guru matematika dan tiga orang siswa selanjutnya kelompok kecil dengan 6 orang siswa. Hasil uji validitas oleh dua validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori valid yaitu 81,33% ditinjau dari aspek materi pada LKS, penyajian pada LKS, kebahasaan dan keterbacaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori sangat praktis yaitu 90%. Hasil uji praktikalitas dengan tiga orang siswa pada uji satu-satu menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori sangat praktis yaitu 93% dan hasil uji praktikalitas kelompok kecil 6 siswa pada kategori sangat praktis yaitu 93% ditinjau dari kemudahan penggunaan LKS, waktu penggunaan, dapat diinterprestasikan dan memiliki ekivalensi yang sama. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Brain Based Learning pada materi Operasi Aljabar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.