Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Brain Based Learning Pada Materi Faktorisasi bentuk Aljabar untuk Kelas VIII MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Mellisa, Novionita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6592/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6592/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6592/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6592/4/12050178%20-%20MELLISA%20NOVIONITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6592/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi tidak adanya bahan ajar berupa LKS. Bahan ajar berupa buku teks belum sepenuhnya menarik perhatian siswa untuk belajar, meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasisi Brain Based Learning pada materi Faktorisasi bentuk Aljabar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research , prototyping phase dan assessment phase. Pada penelitian ini hanya menjalankan dua tahap yaitu Tahap 1, wawancara guru dan siswa, analisis silabus, analisis bahan ajar yang digunakan, analisis karakteristik siswa. Tahap 2, merancang sistematika dan struktur LKS, evaluasi diri, tinjauan ahli, evaluasi satu-satu dan kelompok kecil. Setelah LKS dirancang dilakukan evaluasi diri. Tinjauan ahli dilakukan validasi LKS oleh 2 orang validator yaitu dua orang dosen matematika. Uji praktikalitas dilakukan pada tahap evaluasi satu-satu dengan 1 guru matematika dan tiga orang siswa selanjutnya kelompok kecil dengan 6 orang siswa. Data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas oleh 2 validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori valid yaitu 80,66% ditinjau dari aspek materi, penyajian, kebahasaan dan keterbacaan pada LKS. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori sangat praktis yaitu 90%. Hasil uji praktikalitas dengan tiga orang siswa pada uji satu-satu menunjukkan bahwa LKS ini pada kategori sangat praktis yaitu 89% dan hasil uji praktikalitas kelompok kecil 6 siswa pada kategori sangat praktis yaitu 91% ditinjau dari kemudahan penggunaan LKS, waktu, dapat diinterprestasikan dan memiliki ekivalensi yang sama. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Brain Based Leraning pada materi Faktorisasi bentuk Aljabar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.