Praktikalitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistik Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII MTsN Kuranji Kota Padang
Main Author: | Yarmi, Marlisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6591/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6591/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6591/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6591/4/12050170-YARMI%20MARLISA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6591/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembagan yang dilakukan oleh Afrilinita (2015) yang berbentuk LKS berbasis realistik pada materi segi empat yang sudah valid. LKS diharapkan dapat membantu dan memudahkan siswa dalam belajar matematika. Sehingga untuk mengetahui sejauh mana kemudahan siswa dalam belajar maka LKS perlu diuji praktikalitasnya. Praktikalitas bertujuan untuk melihat tingkat kemudahan menggunakan LKS berbasis realistik oleh siswa dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan Plomp yaitu pada tahap prototyping phase. Metode evaluasi yang digunakan mengacu pada rancangan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil. Praktikalitas LKS dapat dilihat melalui angket praktikalitas LKS dan wawancara dengan guru dan siswa. Angket praktikalitas LKS dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS berbasis realistik pada materi segi empat yang praktis. LKS dinyatakan praktis oleh guru dengan nilai praktikalitas 78,78% dan dinyatakan sangat praktis oleh siswa dengan nilai praktikalitas 88,79% pada evaluasi satu-satu dan 87,20% pada evaluasi kelompok kecil. Hal ini menunjukkan bahwa LKS mudah digunakan, mudah diinterpretasikan, waktu pembelajaran menjadi lebih singkat dan memiliki ekivalensi yang sama dengan bahan ajar lainnya.