Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Telephone Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Syahrianisa, Syahrianisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6589/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6589/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6589/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6589/4/12050153%20SYAHRIANISA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6589/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan selama pembelajaran berlangsung saat guru menjelaskan materi pelajaran siswa cenderung tidak mendengarkan penjelasan materi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Telephone lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai Tahun Pelajaran 2016/2017. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reliabilitas tes = 0,89. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 1,7607 artinya lebih besar dari ttabel = 1,6695, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Telephone lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan tingkat kepercayaan 95%.