Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning pada Materi Menyajikan Data Dalam Bentuk Diagram Batang, Diagram Garis dan Diagram Lingkaran untuk Kelas XI IPS SMA 12 Padang
Main Author: | Dovi, Alifa Suyandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6584/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6584/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6584/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6584/4/12050118-DOVI%20ALIFA%20SUYANDRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6584/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilandasi oleh bahan ajar yang ada di SMAN 12 Padang belum membantu siswa menemukan konsep pembelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa berbasis discovery learning pada materi menyajikan data dalam bentuk diagram bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang bisa melatih siswa menemukan konsep suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri atas tiga tahap, yaitu : 1) preliminary research, 2)prototyping phase dan 3)assessment phase.(Plomp,2013: 19). Tahap preliminary research terdiri dari wawancara kepada siswa dan guru, analisis silabus, dan analisis buku siswa. Tahap prototyping phase yaitu. investigasi awal, mengembangkan prototype, uji kelompok besar. Hasil uji validitas LKS menunjukkan bahwa LKS pada kategori sangat valid dengan nilai akhir keseluruhan 83%. Hasil evaluasi kelompok kecil oleh siswa menunjukkan LKS sangat praktis yaitu 90,33%, berdasarkan hasil aktivitas siswa yang sangat aktif yaitu pada kategori 92,71%, dan motivasi belajar siswa yang termotivasi pada kategori 81% Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi menyajikan data dalam bentuk diagram sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.