Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Afrida, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6578/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6578/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6578/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6578/4/12050071%20AFRIDA%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6578/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang mampu memfasilitasi dan membimbing siswa untuk belajar mandiri, memudahkan siswa menemukan serta memahami konsep dengan benar. LKS yang ada belum mampu membantu siswa dalam memahami dan mengingat konsep matematika dengan baik. Oleh karena itu, dikembangkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). LKS ini dikembangkan dengan memuat enam prinsip pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yaitu menjelaskan tujuan, orientasi siswa pada masalah, merumuskan hipotesis, kegiatan penemuan, mempresentasikan hasil kegiatan penemuan, dan mengevaluasi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan rata-rata 89,42%. Hasil analisis angket praktikalitas untuk guru sebesar 96,61% dengan kategori sangat praktis dan hasil analisis angket praktikalitas untuk siswa sebesar 86,04% dengan kategori sangat praktis. Hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan LKS sudah sangat praktis. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan adalah 93,10%. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada materi statistika untuk SMA kelas XI IPS SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.